REMBUK STUNTING TINGKAT DESA

joni p 09 September 2019 09:39:48 WIB

Rempek, dalam rangka upaya penanganan dan pencegahan stunting di Desa Rempek Kec Gangga Kabupten Lombok Utara pemerintah desa setempat menyelenggarakan kegiatan rembuk stanting di aula kantor Desa Rempek, kamis 5 Agstus 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Penjabat Kepala Desa, Sekertariat Desa, Guru Paud,Kader Posyandu, Kepala Puskesmas Gangga,Bidan Desa, Kepala Dusun.

Acara dibuka sendiri oleh Panjabat Kepala Desa Rempek Saiful Bahri, SP. Dalam sambutannya menyampaikan mengenai desa rempek yang menjadi lotus stanting dan menjadi salah satu priorita desa untuk dianggarkan di APEBEDES.

Stunting adalah kondisi dimana gagal tumbuh kembang pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 hari pertama kehidupan. Secara fisik, kondisi stunting dapat dilihat dari pertumbuhan tinggi badan per umur yang tidak sesuai dengan standar pertumbuhan yang seharusnya, akibat terburuknya adalah perkembangandan pertumbuhan otak anak sehingga kecerdasan anak tidak maksimal yang tentu saja akan menimbulkan masalah secara sosial yang bisa mempengaruhi produktivitas anak pada masa depan.

Ada beberapa upaya yang dilakukan pemrintah desa rempek dala mengurangi angka stunting yakni Intervensi Gizi Spesifik dan Intervensi Gizi Sensitif . Intervensi Gizi Spesifik diantarannya PMT anak, TTD, Garam Beryodium, Asi Eksklusif, dan cuci tangan yang benar. Sedangkan Intervensi Gizi Sensitif ialah ketahanan pangan, akses air bersih dan sanitasi pendidikan kesehatan, Salah satunya dengan menanam sayur dipekarangan rumah dengan itu pemerintah desa Dengan adanya rembuk ini diharapkan adanya komitmen dan konsistensi untuk mencapai desa rempek bebas stunting. Semoga setelah ini sejalan dengan berjalannya waktu penderita stunting berkurang dan menuju desa rempek sehat dan bahkan menjadi desa percontohan untuk penanganan stunting.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Rempek

tampilkan dalam peta lebih besar