Rapat Pembentukan Organisasi Kelompk Pencinta Alam (KPA)

joni p 17 September 2019 12:20:08 WIB

Telaga maluku, 13 september 2019. Dalam rangka melindungi kawasan hutan yang ada desa rempek khususnya, maka pemerintah desa berkoordinasi dengansemua unsur masayarak membentuk sebuah kelompok pencinta alam yang nantinya bisa saling bahu membahu dalam melindungi alam rempek, khususnya dalam perlindungan mata air di desa rempek. Rapat pembentukan organisasi Kelompk Pencinta Alam (KPA) ini dilakukan di Aula Kantor Desa Rempek pada 13 September 2019.

Pengantar oleh bapak penjabat Kepala Desa Rempek Saiful Bahri, SP yakni sambutannya pembahasan awal tentang lingkungan hidup, perlindungan mata air sebagai prioritas pembangunan desa dalam menjalankan program desa yang lainseperti sanitasi, kesehatan,ekonomi dll. Bahwa setiap masyarakat harus menyadari untuk tetap memelihara lingkungan, tidak hanya dalam rangka perlindungan atau pemeliharaan mata air tetapi terkait juga pengelolaan sampah. Dimana dalam hal ini harus ada komitmen atau tanggung jawab kita selaku masyarakat desa untuk menjaga lingkungan. Dan sesuai perdes harus diperhatikan bahwa perlindungan mata air dalam radius 200 M tidak boleh digarap, dan perlunya dukungan dari dinas terkait harus mampu menyediakan bibit kayu, karna mengingat akibat gempa 5 agustus 2018 lalu mengurangi debit air karna diakibatkan oleg longsor dan matinya sumber mata airminum.

Dan dalam diskusinya ada beberapa masukan yang didapatkan yakni ”kita harus berani bertindak para perompak hutan, berani menindak oknum masyarakat yang merusak hutan karena sejauh ini mereka menganggap bahwa kita lemah dari berbagai sisi dan sebagai akibatnyadampak yang disebabkan oleh hal tersebut adalah berkurangnya titik air atau serapan air” sejatinya pemeliharaan mata air ini belum terlambat oleh karna itu sekarang ini adalah momen yang pas untuk kita sama-sama memelihara desa kita sendiri, untuk kemudian bisa dinikmati sama anak cucu kita selanjtnya sehingga problem kekeringan tidak dirasakan.

Dalam rapat ini menghasilkan keranggka kepengurusan yang dimana diambil dari setiap penjur wilayah desa rempek, dan adapun pengurusnya sbb:

Ketua: M. Riza

Wakil ketua: Ruspendi S,Pd

Sekertaris: Sariful Hair

Bendahara: Devi Tamala

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Rempek

tampilkan dalam peta lebih besar